Sabtu, 03 Mei 2008

PNS Sexy Review : Cintailah Ploduk-Ploduk Indonesia

Mungkin karena gw dilahirin di klinik yang letaknya di sebelah bioskop rakyat yang sering muterin Saur Sepuh atau film2 George Rudy (kalo orang kampung gw bilangnya Gaga Rudi), gw jadi seneng sama film-film Indonesia.

Oke, silahkan mencibir….oke…silahkan bilang selera gw rendah…tapi teman-temanku sayang, siapa lagi sih yang mendukung film buatan anak negeri kalo bukan kita, pemuda/pemudi/peramuria Indonesia (walaupun gw blasteran ya, blasteran batak sama lalat buah).

Industri film kita emang masih ijo, masih perlu support, agak bangga juga waktu liat di beberapa bioskop, poster filmnya Indonesia semua, Hollywood ga ada sama sekali…tapi miris juga karena ternyata, yang dipajang itu kebanyakan bukan film, tapi sandiwara panggung 17an yang divideo-in terus dijual ke bioskop (serius, film-film sampah itu terlihat sangat amatir).

Tapi herannya film2 kaya gitu yang laku, payah deh selera penonton Indonesia….gw rasa pemerintah perlu menurunkan beratus-ratus dokter bedah untuk membedah kepala-kepala ABG-ABG itu, membuang otak kecil mereka, terus diganti sama otak gw, biar selera mereka bisa lebih bagus, walaupun nanti mereka bakal jadi lebih bodoh dan cabul (hei…lebih mending bodoh dan cabul daripada punya selera rendah!).


Oke, sudah cukup basa basi baunya, berikut adalah beberapa fim Indonesia yang gw tonton dalam sebulan terakhir ini di Papua:

1.Ayat-Ayat Cinta

Sutradara : Hanung Bramantyo
Pemain : Fedy Nuril, Carissa Putri, Rianti Cartwright


Maafkan aku Sally Marcellina (Dewi Film Indonesia) karena telah mengkhianati film Indonesia, aku menonton film bajakan….hiks..maafkan aku dewi film *memberikan sesajen terong dan timun kesukaan Dewi Sally*, habisnya di Papua ga ada bioskop dan gw pengen banget nonton film yang udah ditonton 3 juta orang ini….masa gw ga termasuk salah satu dari yg 3 juta itu sih?tapi setelah nonton bajakan, gw nonton lagi di bioskop di Bekasi. Jadi ga dosa-dosa amat.

Gw kurang suka film ini. Menurut gw konfliknya terlalu dibuat-buat dan agak berlebihan. Wanita yang memfitnah pria karena cintanya ditolak adalah ide film jadul tahun 70an ala film2 Yati Octavia. Adegan di penjara lebih cocok jadi adegan di panggung teater karena akting pemain gila itu terlalu berlebihan, jatohnya lebih ke ngeselin daripada bikin haru.

Satu-satunya adegan yang gw suka adalah adegan di kereta, waktu Fahri adu argumen membela bule yang dikasari sama laki-laki Mesir karena adegan ini punya message yang jelas dan penting, Islam ga pernah ngajarin kebencian! Islam juga cinta damai!


Intinya, cerita ini merupakan hasil dari fantasi liar seorang pemuda Indonesia biasa yang sedang belajar di Mesir, fantasi ingin dicintai 4 wanita cantik, yang sampai-sampai salah satunya convert ke agamanya. Kalau saja cerita ini ga laku dan yang nulis kisah ini adalah temen gw, gw pasti ngomong, “Coy, Get a life, ngayal aja loe!”…fortunately, novelnya laku berjuta eksemplar, filmnya apalagi…. .

jadi Get-a-life-nya lebih pantas buat gw….sirik aja ama kesuksesan orang…abisnya heran deh…kayanya ceritanya biasa aja dan ga istimewa kok sampe bisa bikin orang2 berurai air mata….

Tapi walau gitu, salut deh udah berani bikin film dengan tema beda…..

Rating : 1 ibu jari yang wangi kesturi

2. Kawin Kontrak

Sutradara : Ody C. Harahap
Cast : Ricky Harun, dkk-nya yang gak terkenal


Ceritanya 3 cowo yang baru lulus SMA sange’ berat…pengen ml tapi secara halal…jadilah mereka kawin kontrak di salah satu daerah di Jawa Barat. Alasan pengen ml secara halal karena mereka pernah ikut pengajian, disitu ustadznya ceramah kalo zina itu sangatlah dilaknat Allah. Pengajiannya jelas2 merupakan adegan tempelan untuk membuat motivasi kawin kontrak mereka jadi ada…padahal agak mengherankan juga kenapa 3 pemuda yang udah keliatan cabul dari sononya itu tiba2 takut dosa dan tiba2 ikut pengajian.

Satu lagi film komedi seks yang lagi marak beredar….tetapi film ini nanggung kemana-mana….dibilang komedi ga lucu sama sekali….humornya basi semua….sudah berapa ratus trilyun film yang menggambarkan pemuda yang naik tangga untuk bertemu pujaan hati tapi karena takut ketahuan akhirnya jatoh dari tangga…dibilang film panas juga ngga karena ga ada panas-panasnya…

dan parahnya film ini mau sok-sok romantis, dengan menceritakan akhirnya salah satu anak SMA itu jatuh cinta berat sama cewe di daerah itu, yang udah dijodohin sama pedagang Arab. Adegan romantisnya salah tempat, karena jadinya agak absurd, film yang maunya nakal kok tiba-tiba sok bawa message ala Romeo Juliet, cinta tak akan terpisahkan oleh apapun.

Sayang, karena gw suka film Ody C.Harahap sebelumnya, judulnya Selamanya. Gambar-gambar indah khas Ody tetep ada, tapi ga penting juga dimasukin ke film ini. Mubazir.

Rating : 1 jari tengah


3. Cewek Matrepolis

Sutradara : tukang sayur
Pemain : tukang pijit, tukang jamu, tukang sol sepatu


Dari awal gw udah tau film ini bakal jelek banget, dari covernya aja udah keliatan bgt, tapi karena semua film Indonesia di tempat rental udah gw tonton, jadilah gw pinjem film ini.

Film dibuka dengan adegan klasik ala film2 Paramitha Rusady….tiga cewe yang katanya modis, naik mobil mewah sambil bercanda-canda ga lucu dan ketawa-ketiwi palsu. Terus ketemu cowo di lampu merah, terus ngegodain, “cowo…godain kita dong”…terus pas cowonya noleh ternyata cowonya jelek banget….terus cewe2 itu langsung bergidik jijik : “iihh..’ terus tancap gas…..TV-nya langsung gw matiin…vcd-nya gw lempar….

Rating : 5 jari tengah yang kukunya kotor semua

4. Pulau hantu

Sutradara : hantu
Pemain : penduduk pula
u

Basi..ga serem sama sekali…..pemainnya udah ga ada yg cakep, aktingnya jelek lagi...Cuma ngandelin cewe-cewe dengan pakaian minim… yang sayangnya…ga sexy2 amat juga…lemaknya masih kemana-mana

Rating : 4 jari tengah korengan



5. Enam


Sutradara : IQ-nya enam
Pemain : Cuma bisa berhitung sampe enam


Three words for the director : Get Another Job! 3 words for the casts : Shame on You!

Film horor yang sangat2 horor sangkin jeleknya….akting pemainnya kacau balau…keliatan banget mereka baru bisa baca. adoooohhh….ini film apa bungkus softex? Najis banget…..


Rating : tak ada simbol yang pantas untuk menggambarkan betapa jeleknya film ini




Aiiiiihhh…kalo film2nya kaya gini semua, gimana bisa bangga sama film Indonesia…..gw rasa kita lebih perlu Lembaga Sensor Kualitas Film daripada Lembaga Sensor Film deh….karena film-film bodoh tak berkualitas lebih berbahaya daripada film-film dengan adegan panas tapi cerdas dan mencerahkan……bener lho!

12 komentar:

Manusia Bodoh mengatakan...

Nimbrung... saya juga muvi freak... cuma, film Indo...aduuuhhh!!!!

1. Ayat2 Cinta
Pertama baca bukunya (dapet minjem...:)...), not bad...but not my favourite too!!! (untuk buku yang "katanya" best-selling, saya cukup terganggu dengan beberapa kata yang salah ketik... editornya ke mana yah???)Karakter Fahri... sooo, intimidating!!! in someway lah!!!
Belom nonton filmnya, kenapa eh kenapa???
Karena eh karena... (sambil geal geol ala Soneta!), udah tau jalan ceritanya... n, males ah!!!

2. Kawin Kontrak
Halah, apa pula ni film!!!
Saya pernah baca review ni film di salah satu blog (tapi saya lupa siapa bloggernya!)
Dia bilang, kurang lebih...
Kenapa juga ni film ga didemo FPI, ga seperti waktu mendemo film "Buruan Cium Gue" atau "Maaf, saya Menghamili..." menandakan "mereka" menilai segala sesuatu cuma dari judulnya aja! (Makannya, bokep yang judulnya "Bandung Lautan Api" ga ada yang demo kan...mungkin dikiranya, itu film perjuangan!!!...:)...)
Saya belom nonton ni film, abis baca blog ini... makin ogah!!!

3.Cewek Matrepolis...
Aduuuhhh...
Sebodo2nya saya, masih mending beli nasi bungkus pake jengkol daripada nonton film ini!!!

4.Pulau Hantu
Another Indo Horror Muvi, ga pentiiing!!!
Walau saya heran, ngapain anak2 ABG itu ngantri mo ntn ni film yah?

5. Enam
Saya menyesal mau diajak nonton film ini!!!
Untung aja dibayarin...
Totally, disaster...
Isinya, cerita kampret...
Akting, isinya marah2 mulu...
Intinya, somehow, saya merasa terhina... film ini seperti mengejek2 intelektualitas saya sebagai muvi-junky... (padahal saya manusiabodoh loh!!!)

Anonim mengatakan...

(~mo ikutan bisik2!)

ahahahahaha gw ngga mau ikutan ngomentarin film2nya,,tapi cuma mo ketawa terbahak2 sampe guling2 di tanah gara2 baca postingan loe ini..
huahuahahahahahahahaha

SedikitKoment! mengatakan...

Untung gw ga ikutan..
Gw bukannya anti film Indo, tp gw lmyn sering kecewa ama film indo, sama kyk film india.he..ketauan dah...
Ga semua film indo or india itu jelek tapi KEBANYAKAN ya...JELEK!
Jd kudu musti pinter milih2 film yg mau ditonton klo gak mau nyesel!
BTW nyimak MFI vs LSF gak?!gmn tanggapannya!?
Ini juga yg buat gw gak simpati dg film indo dlm hal ini MFI yg dg dramatisnya mengembalikan piala citra..terkesan "tidak menghargai yg menghargai dirinya"
trs trng kadang gw bingung sm org2 film/ seniman...kadang2 pikirannya ngejelimet dan serba surealis!!
So?!

Anonim mengatakan...

tentang ayat2 cinta the movie, terus terang gw kecewa banget sama nih film. gw tau ayat2 cinta ini dari baca novelnya lebih dulu dan gw bilang tuh novel emang bagus BNGT, emg pantas jika menjadi best seller. tetapi gw sangat kecewa dengan AAC the movie!! beneran kecewa berat!! waktu gw nonton nih film hampir aja gw keluar studio pada menit2 awal film diputer, cuma karena gw nonton sama temen gw dan kebetulan dia bawa nyokapnya jadi gw mengurungkan niat bwt keluar. bener2 tersiksa nonton nih film!

-widie-

PNS mengatakan...

@manusiabodoh : huahahaha..geal geol ala soneta is a good one....

@nochan : oh..yg guling2 di tanah tadi elo...gw tadi liat dr angkot..gw kirain kenapa

@sedikitkomen : yang MFI vs LSF dan pengembalian piala citra itu setau gw sih beda kasus ya?

kalo MFI vs LSF kan soal MFI yang nuntut supaya LSF dibubarin karena udah dianggap memasung kreatifitas. menurut gw emang LSF harusnya dihapus...tapi nanti...kalo pelaksanaan regulasi di Indonesia udah ketat...kalo sekarang sih kayanya kita masih perlu sensor ya...at least sensor untuk adegan 17+ dan adegan kekerasan, soalnya bioskop kita longgar banget kalo soal urusan ginian, dulu aja waktu masih kelas 1 SMP gw bisa melenggang kangkung nonton Kama Sutra di 21 (apa karena muka gw tuir jadi dikira udah 17+?), ga ada larangan tegas dari phak bioskop untuk anak2 dibawah umur yg nonton film dewasa.....

menurut gw, kalo untuk sekarang ,tendang aja orang2 orde baru yg masih ada di LSF, ganti sama orang2 muda yg netral secara politik soalnya LSF itu sering ga penting kalo motong2 adegan yg berhubungan sama politik...masa film soal Timor-timur dilarang tayang di Jiffest, alasannya : takut membuka luka lama....please...kita manusia dewasa...belajar dong dari luka lama..bukan disembunyi-sembunyiin...gw rasa untuk urusan politik harusnya ga ada sensor sama sekali...LSF basi!

kalo soal pengembalian Citra...gw bilang sih wajar2 aja...soalnya kalo ngomong doang suka ga digubris...makanya aksi protesnya yg ekstrim aja sekalian....

soalnya gemes juga sama juri2 FFI tuir itu yg sori, keliatan bgt kurang kompeten. masa ga tau kalo scoring film Eksul ngejiplak? masa film itu bisa menang jadi film terbaik? okelah...penilaian itu emang subjektif...tapi...ada gak festival film di luar negeri yang memutuskan Glitter-nya Mariah Carey jadi Best Picture? (yes, Ekskul is almost as bad as Glitter)...alasan mereka milih Eksul jadi film terbaik karena ,mereka bilang pesan moralnya jelas...hallo? hari gini ngomongin pesan moral?kalo gitu bikin aja film yg judulnya Budi Suka Membantu Orang Buta Menyebrang Jalan..pasti menang...

hehehe...just my two cents..sori agak berapi-api...hate narrow minded people so bad!

@widie : emang berat harus berpura-pura soleha di depan calon mertua...ngaku aja deh lu nonton sama cewe loe dan calon mertua loe...

BnykKoment! mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BnykKoment! mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
wrwati mengatakan...

Cuma pernah baca Ayat2 Cinta... dari baca novelnya aja udah ga minat nonton filmnya. Plis deh, cowok cakep, pinter, dan digilai cewek2, udah gitu kawinnya ama cewek yg paling kaya... Habiburahman El Shirazy itu kebanyakan nonton sinetron kyknya...

letsgetluz mengatakan...

gw sih nggak nyalahin filmnya, yang mau-maunya nonton film Indonesia itu yang perlu dikaderisasi tuh..

iya, termasuk lo..

Anonim mengatakan...

*manggut manggut*
hihi. Emang repot ya mu nton film indonesia. Dilema,gitu. G nonton ko kesannya g cinta dalam negeri,tp ditonton kok g ada yg bagus.. Kala dan Berbagi Suami took me off guard,however.
Sukses id bwt ujian besok!


-Vio-

NgikutKoment! mengatakan...

yahh..komentar gw yg dengan susah payah dan segenap pikiran gw buat dihapus gt aja...
ya udhlah gapapa.

rerere mengatakan...

pantesan lo jadi makin jayus kayak filem2 diatas

pilihan kata2 lu kirang bikin merinding disko ah

(Sonaya mode ON)