Jumat, 23 Mei 2008

Upacara

Begitu lulus SMA, salah satu hal yang paling membahagiakan buat gw adalah : gw ga perlu lagi ikut upacara tiap hari Senin!

Upacara itu bikin males….panas….gerah….cape berdiri….lamaaaa….bosen dengerin orang ngomong dan tetek bengek rutinitas ala upacara lainnya. Kalo udah upacara, yang ada gw pasti ngobrol dan baris di kelas temen gw, bukan kelas gw. Dan pasti gw ada di barisan paling belakang.

Tapi gw sempet mengalami seneng ikut upacara soalnya waktu SMP dan awal SMA, gw Paskibra. Geli aja gw ngebayangin betapa bergairahnya gw dulu ketika menjelang upacara. Bergairah tampil di depan umum…bergairah menunjukkan formasi pengibaran bendera (gw dulu ikut tim pengibar bendera)….gw pikir dulu semua orang bakal terkagum-kagum dengan kita, pengibar bendera.

Tapi ternyata…pas gw jadi peserta upacara…kok mereka keliatan menyebalkan ya?… kok mereka keliatan caper?…. dan bikin lama....orang udah kepanasan...mereka asyik sendiri atraksi geal-geol kiri kanan....pokoknya petugas upacara yang ada di depan, jadi korban kutukan dan kebencian gw. ”sial.....loe ga manis kaleee...baca gitu doang aja lama banget...wooii...mulut jangan diatur-atur jadi sok manis....no one care about your hair...jangan sok bener-benerin rambut deh...liat aja jalan loe”......

Padahal dulu gw juga gitu....sok manis....sok diatur-atur.....i cursed my self juga berarti….

Tapi penting ga sih upacara tiap Senin itu? Katanya sih tujuannya untuk membangkitkan semangat nasionalisme kita….tapi efektif ga sih? Yang gw tau…setiap abis upacara….gw dan temen-temen gw ga lantas ngederin lagu Gebyar-Gebyar Gombloh di MP3 player….kita malah asyik dengerin lagu Pink-Lets Get party Started yang lagi ngetren saat itu, yg jauh banget dari tema perjuangan bangsa….

Setiap abis upacara, ga ada perasaan apa-apa tuh…cuma perasaan haus dan buru-buru pengen ke kantin…upacara lebih merupakan suatu siksaan daripada suatu pembelajaran…..

Menurut gw sih, upacara tiap minggu itu kurang efektif, cuma bikin kesel, dan bikin bau badan karena keringet……upacara gagal jadi pembangkit rasa nasionalisme menurut gw….

Yah…upacara dilakukan tiap ada momen tertentu aja lah…misalnya malam tahun baru….kan asyik tuh…lagu kebangsaannya pake DJ….dan habis upacara langsung rave party…wow….kapan lagi rave party bertema : Mari kita tingkatkan rasa nasionalisme kita dalam rangka menyambut Tahun Baru 2009, Tahun menuju Indonesia Maju!

Trus untuk tiap hari Senin, cukup menyanyikan lagu Indonesia Raya aja deh di dalam kelas sebelum mulai belajar…menurut gw itu udah cukup....menurut gw cara ini lebih berhasil, selain ga bikin kesel karena kepanasan, nyanyiin lagu Indonesia Raya entah kenapa bikin gw bersemangat…. Dan gw rasa orang-orang juga ngerasa gitu..ya kan?

Tapi gw ga nyangka, gw bakal upacara lagi waktu udah kerja....sial...padahal gw udah ngerasa bebas dari rutinitas itu....walaupun emang ga tiap minggu sih....kalo ada momen tertentu aja...tapi kebanyakan momen yang diupacarain,sampe hari Ibu aja ada upacaranya....sigh....

Contohnya tanggal 21 Mei kemaren...ada upacara Kebangkitan Nasional....gw yang biasanya baru nyampe kantor jam 9, harus udah nyampe jam ½ 8.....males....tapi gpp juga sih...ga terlalu ngeselin karena upacara juga jarang-jarang dan dilakuin di dalem ruangan. Lagian gw juga kangen nyanyiin lagu Indonesia Raya.

Dan kayanya orang-orang kantor juga semangat......liat deh gambar-gambar ini.....








Jadi, menurut gw, upacara akan berhasil kalo dilakuin di dalem ruangan yang adem dan ber-AC trus dilakuin cuma pas ada hari-hari besar aja.......akan lebih berhasil lagi kalo disediakan kudapan ringan dan hiburan keroncong......wow, kesimpulan yang memukau kan?

-------> entah kenapa gw buat artikel ga penting kaya gini, i just felt like writing it abis upacara tadi, ga ada kerjaan bo’....daripada makan gaji buta....mendingan gw nulis....duduk manis ngetik di depan laptop kan job desc gw.....ga peduli lu ngetik apa, selama bos liat loe neken-neken keyboard, berarti loe udah kerja

7 komentar:

Anonim mengatakan...

keseringan upacara jdi mati rasa, n gak ada yg spesial dg upacara, i hate upacara2an :D , eh salam mampir ya

Anonim mengatakan...

kalo pas upacara.. saat-saat menyenangkan dimana beberapa orang mulai menggaruk-garuk kepalanya dan gw berpikir, HARUSNYA UNILEVER ADA DISINI DAN NYEWA GW JADI BINTANG IKLAN SHAMPO ANTI KETOMBE!! hihi.. secara dulu selalu selamat dari rasa gatal. Taunya pas kuliah malah jadi ketombean hahaha.. untung ga ada upacara lagi hihihi..

Anonim mengatakan...

Upacara sma award by rerere
best amanat pembina upacara: pa inggu yg kalo ditepokin makin smangat,padahal maksudnya biar cepet slesai
best song on upacara: ringtone hape pak parto saat mengheningkan cipta
best paskibra (pasukan pengibar bra) : roid tentunya
best UUD'45 reader : agah
best pingsan act : sonaya

PNS mengatakan...

@warmorning : welcome to the club...

@noel : buset..lu ngetawain gw juga..gw kan suka garuk2 juga...

@rere : bwahahaha...best pingsan act is sooo funny!!

Anonim mengatakan...

Rave party? Ahahaha.. Dress code merah putih..
Iya yah pasti enakeun bgt kalo g perlu upacara.. Ugh di japur upacara dlm ruangan y? Siyal,dsni masi outdoor upacaranya.

Anonim mengatakan...

eh? rere ke siantar ya? enaknya..

gw sih sma secara swasta jadi rasa nasionalismenya NOL besar, nggak kenal upacara bendera kita. paling juga kalo 17 Agustus doang. nah kalo udah upacara baru deh kelimpungan cari topi di mana..

Dimas Iwandanu mengatakan...

Weqs, kangen upacara........
Secara, habis ntu jam pelajaran jadi gag bulet 45 menit.....
lagian bisa mbolos upacara by hiding on Ekskul's room. Qeqeqeqeqeqe