Senin, 06 April 2009

Jalanku Menuju Popularitas

najis banget judul postingannya...

anyway......Gw masih mengalami euforia menjadi a-very-close-outer in Doni Ada Band's inner circle (yang ditandai dengan tersipu-sipu malu sendiri sambil menutup muka dengan bantal kalo liat ada Doni di TV)...eh....tadi ketemu lagi sama another famous person....



begini ceritanya.....


Last Thursday....entah kenapa....gw pengen ngebuka email gw di gmail (which is email yang gw taro di profile blogspot)...biasanya jarang banget gw buka...kasian email muda gw itu...ga pernah disentuh lakinya....frigid,frigid deh...jangan main gila sama orang lain ya mel...


dan pas gw buka....deg!


ada email yang subjectnya : tertarik blognya dibikin buku?


hmmm.....tanggal 2 april nih..April Mop udah lewat....ga lucu banget ada yang ngerjain gw di waktu yang salah....ah....tapi di Zimbabwe mungkin masih tanggal 1 April...siapa tau ada PNS Zimbabwe iseng ngerjain gw?...




segera gw buka emailnya....gw baca pelan-pelan....it looked very convincing....intinya, dia editor sebuah publisher yang tertarik mau buatin buku dari blog PNS.....
tapi gw ga bisa dirayu gitu aja....gw kan gadis cerdas yang udah belajar akuntansi....gw harus tau apakah email ini bener-bener valid atau ngga.....kalo ternyata nanti gw tertipu dan terjebak dalam perdagangan perempuan ke Pulau Batam gimana?



dan untuk menguji keseriusannya...gw kasih nomor hape gw....gw kan bisa menilai kemampuan ranjang kejujuran dan keseriusan seseorang dari suaranya.....



dan besoknya, yaitu hari Jumat, ketika gw nganterin Banu belanja-belanji bak seorang gadis shopaholic, datenglah telepon dari publisher itu....


ngemeng ngemeng ngemeng.....terus ended up janjian ketemu hari Senin di kantor mereka buat ngomongin konsep bukunya.....xixixixi.....gaya banget....konsep....mulut gw aja berasa udah songong nyebutin kata-kata "Konsep Buku"...berasa Intelligent climber gw.....berasa sok punya IQ 140 dan lulus S3......



tapi gw excited banget...bener...tapi rada-rada curiga...jangan-jangan ada yang niat banget ngerjain gw...soalnya tahun lalu gw juga pernah nerima email kaya gini, gw bales, eh, ga ada kabar lagi, jadi gw curiga ini hoax juga.....aduuuh....mudah-mudahan jangan hoax...kalo iya...he goes too far deh kayanya.....ini udah hoax yang bakal bikin gw hoex hoex karena meteng mual dan ga percaya ada orang yang tega banget bohongin gw.......



and the day tiba.....hari Senin....



setelah pulang kuliah, gw langsung menuju ke kantor penerbitan itu....agak bingung gw sama alamatnya....alamat bakal kesasar deh.....



dan hebatnya...entah kenapa tiba-tiba tadi hujan lebat...padahal kemaren-kemaren panas banget...cape gw ngeluh sama kehidupan...tapi see?emang kehidupan sensi kok sama gw....masa ngasi hujan lebat ga kira-kira gini...di saat-saat penting pula....giliran gw karaoke dan zina mata di mall ga pernah dihalang-halangi.....lancar-lancar aja perjalanan hedonis gw dari rumah ke tempat-tempat laknatullah itu....



dan ditambah lagi,karena hujan, metro mini penuh...gw berdiri...di dalam metro mini banyak ibu-ibu pengajian.......metro mini ngebut ga karuan....tiba-tiba ngerem mendadak.....dan berteriak lah semua penumpang...Ibu-Ibu pengajian teriak : "Astaghfirullaaaah"....dan gw teriak : "Anjing!"....astagaa......bukannya inget Tuhan, gw malah inget binatang haram laknatullah di saat-saat kritis gini......


dan ga berapa lama mbak-mbak yang sepertinya SPG naik ke metromini......terus metromini ngebut lagi.....ngerem mendadak lagi....dan mbak-mbak itu teriak,"KO***L aja gitu....lebih parah dari gw.......gw kesetanan nahan ketawa.....nyiksa......



long story short, gw sampe di penerbit itu setelah kesasar sekali....which is an achievement...karena biasanya gw ga kesasar tapi gw berasa kesasar,jadi gw menjauh lagi dari tempat seharusnya.......


eh...belum cerita ya kalo editor yang gw ceritain tadi namanya Rizal...si Rizal suddenly sms gw, setelah gw kehujanan di jalan dan kesasar, kalo dia ga ada di kantor hari itu....dan nanti di kantor gw ketemu sama yang namanya Radit aja......Pemimpin Redaksinya.....


dan pas dia sms gitu......tanduk curiga gw numbuh lagi...sial....gw dikerjain lagi nih kayanya....kali ini niat banget yang ngerjain gw...sampe survei tempat dan profil perusahaan segala......gw curiga si Inul yang ngerjain gw......tapi udah tanggung....gw udah kesasar,sekalian aja gw salah tempat dan jadi orang yang datang tanpa diundang......biar puas yang ngerjain gw....


begitu nyampe tempatnya....hmmm,,,,,ternyata cukup besar juga...dan mengingatkan gw akan rumah-rumah di sinetron silat-mistik-romantis-ngikutin-bollywood Indosiar......


gw langsung teriak-teriak, "eh Radit...keluar kamu...mari kita bertarung...aku tahu kamu menguasai jurus babi ngepet...keluar kamu"...tapi suara gw di dubbing sama satpam situ......biar berasa soul sinetron Indosiarnya.....


yak.....lucu banget ya khayalan gw........ya gitulah....biasalah ya prosedurnya....gw ketemu front office....gw minta ketemu Radit....gw nanya toilet dimana...dan pipis deh (alur prosedur yang tertulis di situ emang gitu, tamu diwajibkan membuang dulu hajat mereka biar ketemu dengan penerbit dalam keadaan bersih)....


dan begitu gw balik dari toilet...ternyata yang nemuin gw, yang namanya Radit itu, adalah : Raditya Dika! (RD).............the famous Kambing Jantan..


sebenernya gw udah tau sih dari si Rizal kalo pemrednya si RD itu.tapi biar seru, gw sok-sok nyembunyiin aja dari lu Roiders.........


ya udah...gw diajak ngobrol berdua ama dia ngebahas soal konsep yang tepat buat buku-blog ini....


dan tau ga opening pertanyaan dia apa?


"eh,si Rerere itu temen lu ya?"


wuahahaha......gw pengen ngakak tapi ended up cuma senyum-senyum simpul genit aja.....


FYI, Rere suka mengkritik blog dan buku si RD ini di blognya.......nyela sih gw bilang....hehehehe....ternyata si RD baca juga.....ya gw ngaku dong gw temen Rere (loud and proud)....lagian gw taulah, si RD ini ngerti, Rere kan cuma beropini....lagian kan RD punya banyak fans yang memuji, apalah artinya sedikit orang yang mencela.....beda halnya dengan DR (Dewi Resik), banyak orang yang mencela, tapi cuma satu orang yang memutol (memuji toleransi) hanya karena dia suaminya......


*gw sengaja nyingkat Raditya Dika jadi RD biar pas nyela Dewi Resik (DR), dapet momennya....menyedihkan ya bo' gw*


dan setelah berdiskusi (diskusi = dia ngejelasin soal ini itu, gw ga tau mau ngomong apa)...gw jadi tau kalo blog gw ini emang kacau ya secara penulisan...tanda bacanya seenak jidat Yati Pesek, korelasi antar paragraph seenak udel Tata Dado...satu paragraph ngomongin ini...tiba-tiba paragraph yang lain ngomongin itu......iya deh....gw terima pendapatnya, gw emang sadar juga sih....dan beberapa kekurangan lain yang gw akui, emang bener......


tapi kali ini, gw ga membayangkan gw dan RD suap-suapan makan gado-gado kaya gw ngebayangin gw dan DOni Ada Band........padahal gw udah beneran ngobrol sama selebritis, bukan cuma tukeran-keringat-punggung kaya sama Doni Ada Band........tapi gw cuma ngebayangin minum es kelapa muda pake dua sedotan sama RD......


pengen minta foto sih...tapi gw berasa aneh...masa minta foto ama cowo? tapi tulisan tangannya ada di binder gw....jadi kalo mau liat...dateng aja ntar ke kos gw....mayan....ada tulisan tangan selebritis di tas gw....gw pigurain ah *sakit*


dan setelah selesai diskusi dan gw pamitan, dia ngasih salam ke Rere....


xixixixi...gw langsung nulis di status facebook, "Re, dapat salam tuh dari orang yang blog dan bukunya sering lu cela".....

tapi oknumnya belum bales-bales..........gimana Re, salam balik ga? xixixi......








-------> oh ya.....ini baru tahap omong-omong doang...jadi belum pasti blog gw dibuat buku....tapi seengga-engganya gw mau pamer....bahwa blog ini pernah ditawarin jadi buku.....ayooo dong penerbit lain....Mizan (penerbit buku-buku agama) dan Tiga Serangkai (penerbit buku-buku pelajaran)...tawari aku juga dong.....

29 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau Balai Pustaka, mau ga ya nerbitin? blog lu kan sarat akan pesan moral n pendidikan jg..
byk akronim2 dan gelossarie2 keren..
anyway...gud job nak....gud luck...
smuga ini mmg jalan yg terang mnuju popularitas bukan sekedar jalan kecil gelap yg juntrutannya blum jlas...Amiiiiin
(tp klo trnyata ini smua kjaan gw gmana (trnyata gw yg nyamar jd RD)hahahaha..."sak"ti ya gw..tink!)

The tai-tai (wannabe) mengatakan...

Yiayy...selamat ya Roid, bentar lg nge top, tambah lagi temen gw yang nge top...huahauhauhaua... untung gw loyal reader dr awal mula blog ini tercipta, jadi gw ga usa beli buku...bwakakakaka...*peace, beli kok beli*

btw, gw agak aga ga setuju ama si RD itu, kalau blog loe suka ga beraturan in terms of tanda baca, etc...namanya jg blog loe..itu yang bikin kita kita suka baca...hehehehe... jd moga2 kalau misalnya dibukukan jangan sampe PNS' blog keilangan keperawanan..eh salah...keilangan jati diri...hihihi..

good luck roid!

gerandis mengatakan...

ih.................kerenNNN!!!!!!!!!!!
sumpah guw kut seneng stelah ngbaca ostingan kali ini....kut nervez, deg2an n sgala macem...keren2....
moga ja blog ni bener2 jadi buku...n laku abiz...tp saingan lo banyak loh, dah banyak crita2 yg konyol kayak punya dika beredar di pasaran...jd lu musti dengerin pa yg dkatain ma Eunice...keep original!!!!

bdw lu tau kan guw bigoz...so gasah heran yak klu brita ini bkalan sgera mnyebar....

Anonim mengatakan...

wuiddiiihhhhhh....keren bgt siy id!!!!!amin amin ya alloh...gw bela2in de sholat tahajud biar beneran blog keren lo ini dijadiin buku id....demi lo...padahal biasanya gw cuma sholat jumat aja,sama kaya lo...itu pun klo ga lg dapet...hakhakhak....
ga sabar pengen tau kelanjutannya....udah id,bilangin aja ma RD ntu klo blog loe ini emang sgt layak jd buku..penerbit mizan pasti ntar bakalan nawarin juga...byk pesan moral dan hikmah yg bisa dipetik,persis novel2 karangan habiburrahman el shirazy getoh...tp dia versi syurga,loe versi neraka..hahahaha...

wrwati mengatakan...

Gw kyknya pernah bilang rere (tau d rere inget ato ga, ato malah gw yg sok2 pnh ngomong ama rere, hi3) blognya rere lbh lucu dr blognya RD (sita nya mana?), dan PNS lbh lucu dr blognya Rere :P
Gw jg ga nuntut elo krn bikin kesalahan berbahasa walopun nilai bahasa gw tertinggi se-jaktim *tabok gw... tabok gw, Id* Toh, gw tetep ketawa...
Intinya, gw lbh rela buku lu dicetak ama Percetakan Negara dibanding RD...

Panio mengatakan...

ga salah kalo gue ngefans bgt sama lu id.. calon org sukses. nanti kalo ud terkenal, nikahnya ma gue yah..

rayearth2601 mengatakan...

wew, keren dunk kalau dibukukan

semoga sukses dah

nisa mengatakan...

awwww..
congrats ya, id!!
nanti klo udah jadi buku, jgn lupa sebut namaku di halaman ucapan terima kasih. hehehe..

*sape gw?*

momonnheiy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
momonnheiy mengatakan...

wew...



PS. inget-inget ndong..sujud syukur,,kepopuleran hampir di depan mata....
(pesan penelope cruz ke grandong)

gadhogadho mengatakan...

OMG!! you are on the brink of being famous! a celebrity! ntar bisa muncul di TV. a cameo on sinetron Muslimah perhaps??

all the best to you. hope everything goes as planned.

mazharfius mengatakan...

hm.....ramalanku hampir menjadi kenyataan.....

Saipul Jamil mengatakan...

selamat ya Roid honey....aku turut senang deh...kalo kamu udah jadi selebriti siapa tau kita nanti bisa duet lagu Jujur-nya raja yang waktu itu akyu remake bareng Ira Swara...

eh...eh...jangan lupa mampir ke blog akyu ya....

www dot saipuljamil dot com

you know you love me,
xoxo

Sai-J

p plus i mengatakan...

waaah, berita besar betul betul ini, seorang mahasiswa S**N menjadi penulis buku komedi bestseller, masuk koran cipitas ni pasti

si Lase mengatakan...

wah serius lo Id???
Hmmm gw ga bisa banyangin berapa banyak ABG yg moralnya bakalan rusak klo baca buku lo :D
kecuali bukunya banyak disensor hehe

yediel

Hidden Closet mengatakan...

*terharu*


*mata berkaca-kaca*


*speechless*


*memberikan sun sayang kepada roid*
muach

niko mengatakan...

gak heran.. gak heran.. RD pasti takut kalah saing dan kalah pamor sama lo bang.. jadinya dia duluan yg ngajak lo bikin buku.. biar lo inget klo lo terkenal nanti itu berkat dia.. biar lo tetep dibawah bayang2 ketiak dia bang..

im happy for you.. pertahankan keperawananmu bang..

PNS mengatakan...

@anonim : iya, gw kirain juga elu Nul yang ngerjain gw

@eunice : hihihi..makasih ya..tpai tanda baca itu ya gapapalah dibenerin dikit...soalnya kan kalo gw memposisikan diri sebagai pembaca awam, gw juga bakal muntah darah kotor baca tulisan tak beraturan ini...kata si RD juga dibenerin dikit, tapi ga usah terlalu EYD juga

@Perez : iye, gw tetep original...giginya...

@anonim : plak! kurang ajar kau Uda

@wrwati : kalo dicetak ama percetakan negara, gw cuma dapet gope dong bo' sehari...50% dari tarif sewa buku 1 hari...soalnya kalo sama percetakan negara, palingan buku gw ada di perpus sekolah....

PNS mengatakan...

@phanie : iya sayang...yang ke-3 ya? setelah Jupe dan Olga syahputra *puih...jangan sampe dehhh*

@rey : makasih

@nisa : sape elu? elu adalah istri tua dari calon istri gw *membayangkan sandy pake wig dan lipstik*....ampuuun bu....

@momonhey : Penelope-nya gw kan?

@gadhogadho : ofcourse ill be the next Muslimah you Bulky Hunk!*jangan GR lu* gw jadi anak bermata tiga yang sudah dewasa trus pake jilbab....

PNS mengatakan...

@Azhar : masa si Ki Joko Bodzhar?aku cocoknya di air atau di taman lawang?

@sai-J: ihh...lu aja sana sama nenek lu yang pake mini set!*astaghifurallah..maaf ya Nek...becanda*

@anaklayangan : iya..terus rangkulan mesra sama pak Anis....

@lase : target market gw bukan ABG kaleeee....tapi anak TK dan SD....biar belajar akan kerasnya
kehidupan mereka...


@hidden : bau bang...sikat gigi dulu baru boleh cium aku *memberikan sikat gigi buat badak*

@niko : hush...ga boleh suudzon...dia baik, pinter dan ganteeeeng banget kok *jilat mode on*....

terlambat dik nasehatmu....

Herru Suwandi mengatakan...

sit suit...
turut berbahagia, walaupun gak bakalan kecipratan royalti nantinya.

siapa tau tiba-tiba diangkat jadi film layar lebar, pegawai negeri seksi, pemeran utama: syaiful jamil...

mutia mengatakan...

selamat ya id!! sebagai pembaca baru gw ikut seneng...
iiih...keren banget.
ntar kalo udah tenar, nge-blognya jalan terus ya. jangan kesibukan road show ke seluruh pelosok indonesia.
hehehe

kacrut mengatakan...

wekekkekeke...

aduh.. baru baca id..


kemaren2 gaks empet ngenet..

selamet yah.. ganti aja id nama lu jadi selamet.. biar laku dipasaran..

kan nama menyesuaikan muka.. wakakkakak

Anonim mengatakan...

kenapa bawaan gw selalu suudzon?

i definitely agree with septian niko

hihihihihi

Lita mengatakan...

bawa nama S**N ke ranah selebritis..

de next raditya dika ni..

ditunggu pelm nya ya..
klo RD syuting di Adelaide,masa lu syuting di Jurangmangu sih..
tapi bakal lucu kali yakk..

Pendekar Maumere™ mengatakan...

HUAHAHAHA...

*benernya mo nulis rada panjang2 gitu, tp udah kadung stuck... yahhh moga2 sukses deh... hihihi...

btw, pokoknya si Rere ntar mesti dimasukin di halaman terima kasih sebagai pihak oposisi si RD.

(awas kalo kaga...)

terima kasih...

titiw mengatakan...

WAW!! Congrats ya masku sayang.. moga2 ini seua jadi awal yang baik bagi hidup kita dan anak2 kita. Biar kalo duitnya udah kekumpul, anak kita bisa les di kumon.. Ditunggu kelanjutannya..

Okit Jr mengatakan...

Aiih Roid...
akyu sampai terkagum kagum kang...
slamet yaa...

sumpah...
anak kita pasti bangga mendengarnya...
huhuhuhu...
aku terisak terharu...
muah muah cup cup..

-lari ke kamar kita sambil ngebenerin sanggul dan mengenang memori lama...-

Rusa mengatakan...

Yahhh, terus gmn donk kelanjutannya? Jadi diterbitin Mizan atau Tiga Serangkai? atau jangan-jangan Toha Putra? :))