Selasa, 16 September 2008

My Tai Kotok Flower

Kata Ryu Murakami (bukan sopir angkot 36B,penulis novel dia),kesialan muncul tiba-tiba dan di tempat yang tak disangka-sangka. Sementara kebahagiaan malah sebaliknya. Kebahagian itu bagaikan sekuntum bunga mungil di beranda rumah atau bagaikan bunga tai kotok (dia sih bilangnya bunga kenari, tapi gw ga tau seperti apa itu bunga kenari). Tampak di depan mata, tumbuh perlahan-lahan.


Tapi dia salah! Kayanya sih….

Jadi tiba-tiba si bos manggil gw dan temen gw…..blablablabla (seperti biasa pikiran gw menerawang entah kemana selagi dia ngomong)…..”kamu dampingi pak anu dan anunya ya ke Jakarta Roid?”….bagai tersambar pelacur getir (petir) di siang bolong, gw terperanjat, terperengah, sontak mulut gw menganga…..

pengen gw langsung masangin konde di kepalanya, dan makein dia kebaya, terus gw langsung sungkem terimakasih yang sebesar-besarnya (biar lebih dapet aja soul sungkemnya,jadi tu bapak harus dikondein dulu)….

“Roid?mau?”

Adoooh..si Bapak bisa aja deh….si Bapak kaya Sandra Dewi aja yang nanya, “saya cantik ga?”…pastilah dia udah tau jawabnya….

“yes!!yes!yes I do pak!

Tapi behave..behave….jawabnya santai aja….

Jadi gw milih jawab : “boleh,Pak!” *wajah sok cool tapi tangan gemeteran,bibir sebelah kanan atas kedut-kedut,hidung kembang kempis nahan nafsu

“boleh” kan ga terlalu terdenger nafsu dan ngarep…”boleh” adalah versi pendek dari saya-liat-dulu-schedule-saya*membolak-balik-diary-bergambar-Barbie*-
hmmm-kosong-oke-saya –ambil-kerjaan-itu…”boleh” adalah image yang gw bangun di kantor…ga terlalu ambisius..dan ga males juga…ada kerjaan dikerjain…tapi ga nyari-nyari kerjaan juga…apalagi jilat-jilat depan bos….

oke, setelah jawab boleh, si bos tersenyum manis dan menyuruh stafnya mencantumkan nama gw di surat tugas……

gw langsung ngambil novel Ryu Murakami dan berdialog secara imajinatif dengan dia…

”kamu salah Murakami…kebahagian itu bisa juga seperti keplakan tiba-tiba di kepala kita karena ketauan baca stensilan sama kepala sekolah,ga terduga datangnya”,ujar gw dengan kenes….

.”hmmm….jangan senang dulu bodoh…kan suratnya belum tentu ditandatangani big bos…siapa tau ini cara baru kehidupan untuk menyiksamu…jadi kamu ditimang-timang dulu,mau diangkat ke peraduan…begitu mendekati peraduan…dan tubuh kamu udah bereaksi siap-siap menyambut kenyamanan kasur yang empuk…eh tiba-tiba kamu dihempaskan begitu saja..dan diinjak-injak….itu lebih sakit loh”, kata Murakami ketus….


Gosh…iya bener….kok gw udah seneng duluan…kok gw udah pamer-pamer ke nyokap dan temen kosan…..


Waktu ditawari itu hari Jumat…besoknya gw udah siap-siap mau beli tiket karena yakin surat tugasnya udah ditandatangani….masa tandatangan aja butuh waktu lama…


Tapi sebelum mesen tiket…gw telpon dulu temen gw,nanya apakah surat tugasnya udah ditandatangani…..dan ternyata emang belum……dan kemungkinan ga ditandatangani…


Tubuh gw limbung, dada gw mengisut,rambut gw rontok, gigi gw keriput…..aduuuuh…bener kata Murakami…kehidupan punya cara baru untuk menyiksa gw….hiks…hiks…tampaknya gw ga akan jadi pergi kerja sekaligus mudik…..

Dan gw udah mengikis pelan-pelan harapan gw untuk bisa lebaran di Jakarta…..



Dan seninnya…tiba-tiba….surat tugasnya udah ditandatangani…..


Huahahahahaha…..gw pulang!! Gw pulang!!!


Siapa sangka…gw yang lagi melongo…dan lagi nelangsa karena cinta….tiba-tiba kejatuhan duda keren runtuh…..


Funny how destiny play its role….gw udah siap-siaaaap banget lebaran di sini..di Jayapura….udah pengen beli kue lebaran…udah rencana jalan-jalan ke Nabire…udah pengen beli baju koko di Jayapura….pokoknya ga kepikiran sama sekalilah kalo gw bisa lebaran ke Jakarta….ga kepikiran bisa berlindung lagi di bawah ketek Nyokap yang anget….

Dan tiba-tiba, gw yang kehausan di tengah padang pasir, kedatangan Julia Perez yang membawa galon yang berisi berliter-liter air segar merk 2 tang….

Bener-bener oase di tengah gurun pasir!!!

Tapi bener juga sih Murakami….kebahagiannya ga tiba-tiba dateng sih….emang tiba-tiba bunga tai kotoknya tumbuh…tapi belum mekar….gw juga sih yang salah…tai kotoknya belum mekar…udah pengen pamer-pamer wanginya ke orang-orang….untung ga layu tu bunga…untung akhirnya mekar juga….


Murakami : “tunggu Roid!! *memakai jubah putih, wig Krisdayanti dan tongkat bidadari*….bunga tai kotok kamu belum mekar....bisa saja kan tiba-tiba tiket kamu hilang….pesawat kamu di cancel setahun…kamu tiba-tiba sakit parah sampe ga bisa bangun….atau pesawat kamu kecelakaan?”


Wuaaaa…Murakami bangsat…..bangsat!! bangsat!! *mencincang-cincang tubuh Murakami*

4 komentar:

kacRut iN MoTioN mengatakan...

pertamax...

selamat yah...

hehhehehe..

akhirnya lebaran di jakarta jugah..

hum..

pasti jakarta dengan senang menyambut kedatangan gigolo berbulu sutra... hahahhahahha

emang benernya apaan seh "MY TAI KOTOK FLOWER??"

kacrut bener2 gak ngerti ...

andi mengatakan...

behhhh...hoki banget tuh...momennya pas gitu lagi...hoki lu seperti diibaratkan primbon jepun....nginjek tai kotok sapi berwarna cerah sempurna yang lagi anget2nya (brdasarkan yg gw baca di komik2...kalo nginjek tai kotok bawa hoki)....huehehhehe

slamet d...akhirnya lu bisa lebaran dengan kue cucur ksayangan...

rerere mengatakan...

akhirnya mama ida bisa ketemu kembali dengan bang opan...

Selamat selamat

Roid mengatakan...

@kacrut : bunga tai kotok adalah bunga dengan kelopak kunign yang megeluarkan bau tahi ayam,sering disebut juga bunga tahi ayam.sumber : wikipedia

@andi :hehehehe....muah.

rerere : selamat juga bang iban..selamat bisa berkaraoke lagi dengan artis pujaan..