Kamis, 28 Agustus 2008

Time Machine

Kemaren waktu lagi belanja bulanan (judulnya doang yang bulanan, paling seminggu lagi tu sabun botolan udah abis, boros gw kalo soal sabun), gw melihat benda yang mengingatkan gw akan masa kecil gw.

ngga, gw ga ngeliat coklat batangan (karena waktu kecil gw ga suka coklat), gw juga ga ngeliat majalah Kartini (gw emang suka baca majalah Kartini waktu kecil, but it never reminds me of my childhood,entah kenapa majalah itu lebih ngingetin gw pada dokter Naek L.Tobing)...

tapi gw ngeliat manisan buah yang dikemas dalam tabung plastik mirip kemasan vitamin C murahan gitu(vit C IPI ya kl ga salah?).....manisan buatan cina...ada tulisan-tulisan cinanya gitu....yang kalo gw baca dengan teliti, bunyinya : "sin cin ping"....artinya "manisan buah jeruk"

waktu lagi deg2an nunggu hasil pengumuman jumlah belanjaan gw di meja kasir, mata gw tertumbuk pada sebentuk benda aneh yang langsung bikin darah gw berdesir-desir....

bukan jenis berdesir-desir kaya waktu gw ngeliat Dewi Persik goyang gergaji....atau waktu ngedenger Julia Perez nyanyi Belah Duren.....tapi you know, jenis berdesir-desir yang bikin hati kecubit dikit.....gara-gara keinget sama memori zaman dulu...

ga tau dengan orang lain, tapi kalo ada benda atau lagu atau momen atau tempat atau suasana yang ngingetin gw sama memori zaman dulu, hati gw berdesir-desir dan kaya dicubit kecil gitu.....

dulu.....waktu masih tinggal di pinggiran jauh kota Medan, Lubuk Pakam, (1 jam-an gitu dari Medan)...gw tinggal di lingkungan yang banyak orang Cinanya (sampe Bokap gw bisa bahasa Cina, pernah pacaran juga sama orang Cina...ougghh...naughty Daddy...pasti dulu bokap sering nonton Miyabi).....

lu tau sendiri, banyak orang Cina berarti banyak toko.....makanya dulu di lingkungan tinggal gw banyak yang jual Pecel Lele, Sate Madura sama Babi Panggang Karo.....not-so-funny-joke ding.....banyak toko kelontong gitu deh.....dan yang paling gw inget sih toko kelontong yang ngejual berbagai macam penganan ringan khas Cina.....dan gw paling suka sama kacang polong goreng yang warnanya ijo2 itu......terus sama manisan tadi.......

dulu Nyokap ngelarang gw makan manisan itu karena katanya zat pewarnanya ga bagus.....sigh...padahal sih gw bilang dia syirik aja, karena gw lebih milih jajan di tempat lain daripada di toko sendiri (iya, dulu gw buka toko...heran dari dulu lebih suka jajan di tempat lain daripada di rumah sendiri...kasian istri gw nanti)....

tapi yang namanya anak kecil sih cuek bebek.....hampir tiap hari gw emut-emut itu manisan....makanya sekarang jadi jago ngemut.....


dan begitulah...ketika pengumuman harga belanjaan gw keluar (yang gw sambut gembira, karena ternyata ga semahal yang gw kira.....pengen rasanya nelpon Nyokap dan menyampaikan kabar gembira ini, "Ma...pengumumannya udah keluar!! aku berhasil....aku berhasil hemat kali ini...mama bisa makan ikan besok...ga cuma nasi sama timun lagi"").....gw beranikan diri untuk membeli manisan itu...tapi rada-rada takut salah...soalnya seingat gw dulu rasanya asin...jadi harusnya namanya asinan bukan manisan....tapi mengingat bentuknya yang aneh itu sama persis sama benda yang dulu gw suka emut-emut....gw belilah manisan itu.....



deg-degan banget begitu mau makan....sama ga ya...sama ga ya rasanya.....baca bismillah dulu...lalu surat-surat yang lain (yang cuma gw hapal depannya doang ,depannya = bismillah).....dan.....

gw masukkan benda itu pelan-pelan ke dalam mulut....gw basahi dulu bibir gw biar ga kaget....setengah bagian dulu.....pelan.....pelan....keluarin lagi...masukin lagi pelan-pelan...pelan...pelan....dan akhirnya gw beranikan diri untuk memasukkan seluruhnya kedalam mulut gw ini....


dan...........jreng.................


sejuta kenangan berkelebat dalam benak gw......


Roid kecil dan celana ijo kesukaannya, dengan baju dilinting ala Deni Malik (dulu baju gw harus dilinting, kalo ngga gw nangis),rambut basah dan muka penuh comeng bedak, gigi item busuk...ngemut-ngemut manisan mangga sambil nonton pertandingan Voli antar kampung di lapangan deket rumah.....

Roid kecil sama adeknya dengan muka comengan bedak, sore-sore nunggu Mama pulang ngantor, di depan rumah ngisep-ngisep manisan...maen kejar-kejaran sama anak-anak sekitar rumah......begitu Mama pulang langsung kena marah gara-gara ngisep benda terkutuk itu.....

Roid kecil di depan toko Cina, digoda-goda sama Nenek-nenek Cina dengan kebaya encim, gelang giok, dan tubuh menggelambir penuh bintik-bintik khas orang tua......beli manisan lalu ngemut-ngemut dengan riang.....

dan 999.997 kenangan lainnya.....



pengen rasanya mengepak barang lalu kembali lagi ke rumah gw dulu....

ngeliat, masih ada ga ya toko itu di sana?

masih sering ga ya orang-orang maen voli?

ada ga ya anak kecil belagu yang suka ngisep-ngisep manisan dan pake baju dilinting sebagai penerus gw (mau gw nasehatin, ubahlah sikapmu nak, atau lu bakal jadi kaya gw nanti)?


its amazing how tiny thing brings you a time machine.......


ngeliat tai lalat Dina Mariana di TV, langsung inget zaman belum sekolah dulu, gw suka banget nonton Aneka Ria Safari, apalagi kalo ada Dina Mariananya....walau tidur harus dibangunin...

ngedenger lagu NKOTB, langsung inget kartunnya, langsung inget rumah kontrakan zaman gw kecil dulu...inget cinta pertama zaman SD kelas 2.....

ngeliat Snack Tic-Tic (snack bentuk stick yang rasanya asin) langsung inget sama zaman SD kelas 4....cinta kedua zaman SD.....

ngeliat rumah-rumah toko tua....langsung inget nenek-nenek Cina dengan toko manisannya.....


ga sampe menitikkan air mata sih...tapi kalo diinget-inget lucu juga...dari ujung sumatera sana....dari kota kecil....dari gw dan celana pendek ijo gw dan kegemaran ngemut-ngemut manisan....siapa yang nyangka gw bakal terdampar di Papua? siapa yang nyangka kelak anak selucu da selugu dan sepintar itu (dulu gw pinter bo'..ranking 1 mulu) bakal jadi anak yang cabul, bodoh, dan apatis sama keadaan sekitar.....


buat orang yang bener...pasti hal-hal itu mengingatkannya akan kebesaran Tuhan...tapi gw biasa aja sih...cuma ngerasa "kok bisa ya?"...ga sampe membuat gw ingin berwudhu, lalu sholat.....suka aja sama sensasi dan rasa rindu aneh itu......suka aja dibawa kembali ke waktu-waktu dulu....


ga perlu jual diri sampe gempor buat bayar penemu bikin mesin waktu....


mesin waktu gw cuma seharga 2500 perak...mesin waktu gw cuma sebotol plastik manisan mangga.....and it brings me tons of my sweet memories....




so, what is your time machine?

11 komentar:

Vio mengatakan...

My time machine?

Chiki rasa kaldu ayam.

Dulu gw suka ke toko deket rumah,beli chiki,gw selalu beli dua,bwt gw dan mama. Jaman itu,chiki harganya 150 perak.. Gw mesti nabung dulu.. Hehehe..
Dan nyokap gw bakalan meluk,trs nyium pipi gw..
*god i miss her*

oh iya,ama bau obat keriting! Dulu gw pernah dikribo ma nyokap,trs gw dipanggil dakocan ma anak2 sekomplek. Bete.

letsgetluz mengatakan...

manisan yang mana sih? yang merah2 itu yah?

hhahhahah, trademark Medan banget tuh emang

gw suka yang warnanya putih...

Noel mengatakan...

Time machine gw bukan makanan... Tapi minuman yang disebut kopi...

Cheers

nochan mengatakan...

my time machine will be..

indomie goreng mentah!!
(no wonder gw skrg lemot, makanannya indomie muluk, mentah pulak!)
hehe cara makannya indomienya diremes2 dulu, dimasukin ke kantong plastik kiloan gt, trus masukin bumbu sm kecapnya, dikocok2, trus dimakan deh!!!
makannya sambil main petak umpet, ta'jongkok, atau galasin!! gyahahaha

Chrys. Siddha Malilang mengatakan...

sin cing ping artinya manisan jeruk????

Hahahaha! PNS sin cin ping nih!!!!

rerere mengatakan...

my time machine is not a thing.. it is a situation..

pokonya asal harus baris (misalnya pas prajab dulu) dan ketika yang pendek disuruh baris di depan...

yeah, its sucks but nevermind.. hehe

itiKecil mengatakan...

krip-krip.. mie keriting kecil2 gitu.. asin... sebungkus harganya 25 perak.. suka banget dulu..

terakhir makan pas sma kelas tiga.. ternyata benda itu masih ada. temen gw bawain dari kampungnya...

sweet memories...

PNS mengatakan...

@vio : sekarang bukannya masih mirip dakocan?

luz : hehehe...gw suka yg marah...

noel : kok bisa?

nochan : buset...gw juga tuh...suka bgt kalo ditaro di piring kalengan penjara...makan bareng sepupu...pake celana dalem doang..

chrys : ye..beneran ituh...

rere : hahahahaha.....no comment deh...

@itik : ngomongin mie keriting, fav gw anak mas yg rasa keju...yummy!

Yuti mengatakan...

My time machine is SABUN MANDI!!
gak dimakan kok, ntar dikira rabies..

kayak sabun lifebuoy yg mengingatkan pada les renang jaman SD; sabun Lux orange mengingatkan pada masa kerja praktek di pabrik permen dan seorang teman yang selalu wangi permen sehingga disisinya diriku merasa tidak perlu mandi; serta sabun cuci batangan merek Wings yg mengingatkan pada guru seni rupa SMP..

Chrys. Siddha Malilang mengatakan...

Bilang gih sama orang cina terdekat, Ni sin cin ping!!! Hahahahaha!!! Langsung deh digampar abis!!!

de groene ster mengatakan...

ih..peccy...tumben lo ngepost rada meaning,, XD

my time machine?? itu loh... seri siluman ular putih! XD XD

menganeh emang orang2..