Kamis, 15 November 2007

Rumah Sakit, Literally!!!

4 atau 5 tahun yg lalu gw pernah jatuh terduduk gara2...oke-oke..begini ceritanya...

waktu itu bulan puasa. Udara Bekasi panas bgt. gw yg abis pulang dari bimbel laknat,milih buat tidur2an ditemani radio kuno zaman PKI punya nenek gw. lagi asyik masyuk merem melek tiba2 nyokap gw manggil "Pan (gw dipanggil Topan dirumah)...dipanggil Maktua (Tante/bibi) tuh.."...."ngapain?",suara gw naik 4 oktaf...."disuruh bantuin katanya", suara nyokap naik juga 4 oktaf....."iiihh...maless", gw whistle ala Mariah....."ayolah..kasian tu mereka repooooot",nyokap falsetto....

sigh..dengan berat hati gw meninggalkan peraduan gw...berangkat ke rumah tante yg gak jauh dari rumah gw...kalo kata joke betawi garing, "cuma 2 ngesotan jg udah nyampe"....Tante gw emang suka nyoba peruntungan di bulan puasa dengan menjual beraneka rupa penganan khas puasa..ada Tiramisu, strawberry shortcake, sup daun singkong, bistik ikan teri, dll.

Dengan tampang cemberut, gw akhirnya nyampe di rumah tante gw. Ya..biasa lah..namanya cowok jantan ya...bantuan apalagi yang bisa gw beri selain ngasi hiasan cantik di kue-kue...nah..pas ngangkat kardus2 berisi kolak dan kue2 cantik itu lah...dan ditambah dengan hati yg ga ikhlas..maka jatuh lah gw di atas lantai yg licin...gubraaakk....jatuhnya sambil duduk lagi....sumpah..sakit bgt..gw takut gw pendarahan....aaah..untunglah...ibu dan janinnya selamat...


nah..bertahun2 setelah kejadian itu, gw merasa gampang banget cape plus kesemutan di bagian punggung...udah gitu gw juga jadi gampang cape kl jalan. tadinya sih gw ga kepikiran kl pnyebabnya gara2 jatuh itu...tp setelah gw nonton TV, dengerin cerita teman sejawat yg lebih senior....gw jadi takut dan percaya kl semua rasa ga enak yg gw alami sekarang penyebabnya gara2 jatoh waktu itu....


Nah, sebelum gw berangkat ke Jayapura (btw, gw bakal berangkat tgl 19 Nov entar)..Nyokap maksa gw buat rontgen terlebih dahulu (nyokap maksa juga untuk cuci tangan dulu, sebelum makan)...ya udah..agar lebih murah nyokap nyaranin buat ke RSUD Bekasi aja....berangkatlah gw

gw tau kl gw harus ke loket pendaftaran dulu..ngisi formulir...gw ngomong ke salah satu Bapak2 di loket kl gw pengen rontgen...dengan tatapan menghina dia ngomong, "udah ada pengantar dari dokternya belom?"...dengan lugunya gw bertanya, "harus,ya?"..."iya...emang sakitnya apa?",dia nanya..."punggung", gw jawab....."oh..berarti ke bagian syaraf", dia jual..."oke", gw beli....setelah dia ngasi lg formulirnya, gw cabut ke bagian syaraf..Oh,iya gw baru nyadar kl Bapak itu giginya kuning bgt...

setelah nyampe ke bagian syaraf, gw nunggu di ruang tunggu. Gw nyalain ipod-wannabe gw yg buatan Taiwan...lagu jason Mraz Beauty in Ugly mengalun indah...hmmm..cocok bgt nih lagunya buat gw.

Setelah menunggu di ruangan laknat itu selama 1/2 jam..setelah mati gaya karena merasa diliatin cewek yg di pojok...akhirnya seorang suster keluar...trus nanya, "mau periksa juga?"....gw bingung...dia nanya gw apa bukan....tangannya nunjuk ke gw tapi kok matanya ke arah samping....dia ngulangin pertanyaannya...gw noleh ke belakang siapa tau ada orang lain di belakang gw....ternyata ngga tuh...loh? dia nanya gw berarti....ooh..sorry2..ternyata ini yg namanya mata juling...gw belom pernah liat sebelumnya...sorry...sorry...

akhirnya gw ketemu dokternya...dokternya mirip kaya dokter2 zaman dulu yg nerd dan perawan tua yg jutek bgt sama cewek2 cantik atau cowok2 muda tp jelek yg ngebuat dia ngerasa, "sigh..gw tua bgt..cowok muda jelek kaya gini aja ga ngelirik gw...gw jutekin ah.."

dan bener aja...jutek bgt..dia nanya, "sakit apa?"...."punggung,Dok!",masang tampang melas..."udah berapa lama sakitnya?", menatap kejam...."Jadi gini,Dok...4 atau 5 tahun yg lalu saya blablabla", gw sok ngejelasin..."itu ga ada hubungannya", menukas cepat....gw langsung mengkeret....terserah loe deh...biasanya di tempat lain kan ditanya kejadian2 zaman dulu yg kemungkinan ada hubungannya sama sakit loe....ah gw udah baik2 ngejelasin..dia malah jutek...

"ya udah..naik ke tempat tidur", dia masih jutek
*gw naik*
"kakinya diangkat"
*gw nekuk kaki*
"diangkat ke atas!! males bgt sih"..
*gw menganga..??haaa?ini orang yg disumpah untuk mengabdi pada pasiennya?mana gw tau kl ngangkat kaki itu artinya bener2 ngangkat ke atas*
"satu aja..jangan dua2nya"
*oke..oke..sundal!*

setelah dikasih resep dan di rujuk untuk ke tempat rontgen...gw langsung ngibrit dari tempat terkutuk itu....

di loket rontgen banyak yg ngantri, ada ibu2 yg nanya ke Bapak2 tukang loket yg giginya ga sekuning gigi Bapak tadi, tapi di jawab dengan racauan ga jelas...ga jutek..tp jawabnya pelan bgt sambil komat kamit ga jelas dan nengoknya ke arah lain...whattt??ini yg namanya public service? ga ada ramah2nya sama konsumen....si ibu jadi takut nanya balik, dia malah nanya ke gw...ya gw jawab aja sekenanya,"jadi gini Bu, anak ibu tu harusnya di write off dulu..dari debit ke kredit"..lah gw taunya istilah akun..pasti loe ga percaya....

lagi2 gw harus nunggu bego...kali ini lebih lamaaaa dari yg tadi.....akhirnya nama gw dipanggil...di dalem udah banyak suster2-muda-tp-ga-cantik-tapi-kok-mereka-ngerasa-cantik-ya-tolong-
ambilkan-mereka-cermin

mereka nyuruh gw ganti baju, gw bingung...bajunya mana??...gw tunjuk aja seonggok benda aneh yg ada di meja deket situ..."Yang ini, Mbak?"..mereka malah ketawa2 ga jelas...."bukan itu,yg itu!"..mereka nunjuk ke sembarang tempat..."Hei sluts..pointed at one spesific place u nigger!!? can u just describe it to me where the place at??di meja? di lemari? di balik tirai? di sumur?, jelasin!! jgn cuma nunjuk2 ketawa-ketiwi..situ manis??

akhirnya gw buka sebuah lemari kecil yg dipasang di dinding....haaa?kok isinya kain lap...baju sih tapi kayanya buat lap gitu...masa gw disuruh pake itu...gw nanya lagi, "yang ini,Mbak?"....bwahahaha...tawa mereka makin meledak...muka mereka yg emang udah biasa2 aja dari sononya..terlihat buruk rupa di mata gw...."bukan mas..yang di balik tirai"...nah gitu dong...yang jelas...


akhirnya gw disuruh berbaring di atas sebuah benda aneh...dengan baju pasien aneh...sumpah gw merasa kaya manusia percobaan kloning yg gagal.."iih..mulutnya bentuknya kok kaya gini..gagal nih cetakannya..buang deh",begitu kira2 yg gw pikirkan....setelah selesai rontgen...gw nunggu hasilnya...

tp ternyata saudara2... gw disuruh rontgen ulang lagi karena ternyata mereka salah baca petunjuk dokter...harusnya gw rontgen 4 kali...bukan cuma sekali dan di bagian yg salah pula...whaaaattt?? ini kan berhubungan sm diagnosa dokter?? gimana kl gw salah diagnosa?? dokter bilang gw sakit Punggungus Bengkokis...tp ternyata cuma Salahus Tiduris...

gw dibolak balik...disuruh ini itu..disuruh nunggu lagi di atas benda aneh itu...dengan baju yg sangat minim...gw takut aurat gw terlihat...gw tutupin aja dada gw dengan tangan....

aahhh..akhirnya selesai...lega gw....akhirnya gw bisa cabut dari tempat terkutuk itu...sumpah...rumah sakit kok ga nyaman gitu ya? pelayanannya juga setengah hati...jauh bgt dari yg namanya Pelayanan Prima....murah sih murah...tp apa karena murah trus hak2 konsumen juga diabaikan? kenapa di depan ditaro spanduk, "mari sukseskan RSUD Bekasi menjadi RSUD yg Akreditasinya baik"...sort of lah...tepatnya gw ga hapal kalimatnya....cantumin aja tulisan, "RSUD bekasi...Murah sih..tapi kita boleh jutek dong...kan murah..."..biar pasien2 baru kaya gw ga kaget dan bisa siap2 mental....

yah..namanya juga Rumah Sakit...tempat semua orang sakit kumpul...dan khusus yg ini, ga cuma pasiennya yg sakit, dokter dan pegawai lainnya juga.....xixixixixi.....

5 komentar:

Wulandari mengatakan...

id, klo pengen "pelayanan prima" jgn ke RSUD Bekasi, dateng aja ke kosan si prima, bawa kembang setaman, bawa menyan, bawa golok, bawa benda2 yg disukai prima, trus kamu bujuk aja dg rayuan homo ya. semoga sukses. semoga bahagia. selamanya. amin. amin.

andi mengatakan...

...ke RSUD baiknya klo cuma untuk buat sk badan sehat,bebas narkoba, ket paru,serta sk2 murahdanajaib lainnya....trus..sk sehat punggungnya dah dapat id'... hihihi
cepat sembuh ya...

titikn0l mengatakan...

Maklum, belum dapet remunerasi jadi ga ad target performa.
Untung ga ad dokter yang nerima suap.

rerere mengatakan...

ROIIIID....

untung deh kemaren di hari senen terkutuk kita jadi karokean. walopun cuma berdua tanpa ngajak si pelcur hokian dan sundal jawa itu.

seru ya kita karoke berdua sebagai perpisahan dari persahabatan kita yg bagaikan ben affleck dan matt damon ituh.

coba ditunggu ampe weekend, gw soalnya weekend ini sakit CACAR!!!
*what????penonton kecewa. ben affleck juga bisa sakit cacar???*

ya iyalah. ben affleck juga manusia kali...

jadi lu udah pergi ya?
yasud. seenggaknya lu pergi dengan terakhir kali melihat wajah gw dalam keadaan nggak cacar.

speaking of RSUD bekasi, untung gw nggak berobat ke RSUD bekasi. masa lu nggak tau sih id, RSUD bekasi kan pelacuran terselubung. yang lu bilang susternya sundal emang iya sundal.
si dokter yang meriksa dan nyuruh lo berbaring itu kan yang ada video 3gp nya beredar di hape2 amujarang (anak muda jaman sekarang-red)
yang ada kata2 :
"ini maminya, dan ini perek2nya"

sekian komen saya

ciptanirmala mengatakan...

waaah... jadi tersungging *tar khan bakalan jadi makhluk rumah sakit, he...*